Mengapa Situs Web Anda Harus Ramah Seluler Google?

jasa desain web – Pemasaran digital telah menjadi pertimbangan utama untuk semua bisnis, kecil dan besar. Beberapa aspek pemasaran digital sama pentingnya dengan mengarahkan lalu lintas ke situs web dan halaman arahan Anda, dan beberapa elemen menangkap klik baru sama pentingnya dengan peringkat yang baik di Google dan mesin pencari utama lainnya. Dengan mengoptimalkan situs web dan konten, bisnis dapat meningkatkan peringkat halaman hasil mesin pencari (SERP) mereka. Ini dikenal sebagai strategi pencarian organik, dan ini bisa sangat efektif.

Karena lalu lintas internet semakin banyak berasal dari perangkat seluler, Google telah mengalihkan fokusnya ke pengoptimalan situs web yang ramah seluler. Gagal membuat situs web yang ramah seluler berarti semua upaya pencarian organik Anda yang lain bisa sia-sia.

Situs desktop yang dioptimalkan dengan baik dan banyak konten tidak berarti apa-apa tanpa pengoptimalan seluler. Apa yang membuat situs web mobile-friendly begitu penting, dan bagaimana Anda dapat meningkatkan peringkat Anda? Baca terus untuk mengetahuinya.

Peringkat halaman hasil mesin pencari dan pengoptimalan seluler
Sejak Juli 2018, Google telah memprioritaskan kecepatan pemuatan halaman seluler sebagai metrik utama saat menentukan peringkat hasil pencarian situs web. Jika situs web seluler Anda lambat atau tidak responsif, itu akan memberikan penalti yang besar untuk peringkat Anda secara keseluruhan di semua perangkat.

Google bertanggung jawab atas sekitar 94% dari total lalu lintas pencarian organik di seluruh dunia, yang berarti Anda tidak dapat mengabaikan pergeserannya menuju pengoptimalan yang ramah seluler. Oleh karena itu, berinvestasi dalam pengoptimalan situs web harus mencakup pengoptimalan seluler.

Bagaimana cara mengetahui apakah situs web Anda mobile-friendly atau tidak?
Google telah mempermudah proses pemeriksaan seberapa baik situs web Anda dimuat di perangkat seluler dengan alat di Google Search Console. Cukup colokkan URL situs web Anda – Google akan memberi tahu Anda apakah itu dianggap ramah seluler atau tidak berdasarkan algoritme saat ini. Atau, Anda dapat memasukkan kode untuk situs web Anda untuk menguji apakah situs web yang baru dikembangkan ramah seluler sebelum ditayangkan.

Kiat: Google telah mempermudah proses pemeriksaan seberapa baik situs web Anda dimuat di perangkat seluler dengan Google Search Console. Cukup colokkan URL situs web Anda – Google akan memberi tahu Anda apakah itu dianggap ramah seluler atau tidak.

Pengoptimalan seluler dan pengalaman pengguna
Pengoptimalan seluler tidak hanya untuk peringkat yang lebih baik di SERP, tetapi juga merupakan bagian integral untuk menangkap lalu lintas. Semakin banyak pengguna mengakses situs web melalui perangkat seluler. Faktanya, lebih dari setengah dari semua lalu lintas web global berasal dari perangkat seluler, pangsa yang tumbuh dari tahun ke tahun. Sama seperti di situs web desktop, pengguna seluler yang menemukan situs web yang lambat dan rumit kemungkinan besar akan keluar dan tidak pernah kembali.

Selain itu, situs web seluler Anda juga harus mudah dinavigasi. Jika Anda pernah menemukan situs web yang jelas-jelas tidak dirancang dengan mempertimbangkan perangkat seluler, Anda tahu betapa frustasinya pengalaman itu. Merancang tata letak khusus untuk seluler (pikirkan banyak tombol gulir vertikal dan tombol yang mudah ditekan) akan memastikan bahwa ketika pengguna membuka halaman Anda, mereka tetap berada di halaman Anda. Banyak pengguliran horizontal, kotak centang kecil, dan menu tarik-turun cenderung membuat frustrasi pengguna seluler.

Cara membuat situs web Anda mobile-friendly
Bergantung pada seberapa banyak pekerjaan yang dibutuhkan situs web Anda untuk benar-benar ramah seluler, Anda mungkin ingin menyewa pengembang web. Namun, ada beberapa langkah yang bisa Anda selesaikan sendiri. Google menyarankan cara berikut untuk meningkatkan responsivitas situs Anda dan pengalaman pengguna di perangkat seluler:

Kunjungi panduan Google untuk situs ramah seluler. Halaman ini menawarkan beberapa cara untuk membuat situs Anda lebih mobile-friendly, seperti memilih desain web responsif yang secara otomatis menyesuaikan tampilan agar sesuai dengan ukuran layar yang berbeda.

Ikuti Tes Ramah Seluler Google untuk melihat seberapa optimal situs web Anda untuk tampilan seluler. Anda dapat menguji satu halaman di situs Anda atau beberapa halaman web dan melihat dengan tepat bagaimana Googlebot melihat halaman saat menentukan hasil pencarian.

Gunakan Alat Webmaster untuk membuat Laporan Kegunaan Seluler, yang membantu mengidentifikasi masalah apa pun dengan situs web Anda saat dilihat di perangkat seluler.
Untuk mendapatkan hasil terbaik dari seluler, Palazzo menyarankan usaha kecil untuk memanfaatkan cache browser, memperkecil JavaScript dan CSS, mengompresi gambar untuk mengurangi ukuran file, memanfaatkan halaman AMP Google, dan memastikan semua ekstensi tersedia.

Ketika versi seluler situs web Anda selesai, itu harus pas dengan ukuran layar perangkat seluler apa pun, baik itu ponsel atau tablet. Desain situs juga harus sesuai dengan aktivitas khas pengguna di perangkat itu, yang biasanya memerlukan penggunaan desain terpisah dari versi desktop Anda.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menawarkan aplikasi seluler. Jika barang atau layanan bisnis Anda sangat cocok untuk itu, aplikasi menawarkan cara khusus seluler kepada pengguna untuk terlibat dengan merek Anda dan menciptakan peluang baru untuk menangkap pengunjung seluler.

Dampak perangkat seluler pada strategi pemasaran digital yang lebih luas
Mengoptimalkan situs web untuk perangkat seluler merupakan aspek penting dari strategi pemasaran digital yang lebih besar, tetapi jauh dari satu-satunya elemen.

Penting untuk membuat pesan merek yang kohesif di media sosial dan saluran email juga, menyesuaikan konten Anda agar sesuai dengan setiap saluran untuk menargetkan audiens Anda di tempat mereka paling aktif.

Membuat strategi pemasaran digital holistik juga dapat membantu Anda menargetkan ulang pelanggan yang sebelumnya telah mengunjungi situs web Anda, meningkatkan lalu lintas konversi, dan membangun loyalitas merek.

Brady mengatakan laba atas investasi untuk pemasaran email hampir dua kali lipat dari seluler, media sosial, dan platform pemasaran digital lainnya. Jika Anda khawatir situs web Anda tidak memiliki peringkat yang baik, kembangkan saluran pemasaran lain untuk meningkatkan ROI Anda saat Anda berupaya mengembangkan kembali situs Anda untuk perangkat seluler. Strategi omnichannel bukanlah alternatif untuk situs web yang mobile-friendly, meskipun, pada kenyataannya, ini adalah bagian dari upaya yang sama.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Comment